Latest courses

3-tag:Courses-65px

Sabtu, 29 Juli 2023

APA ITU VALUE INVESTING DAN KENAPA BANYAK INVESTOR SUKSES MENGGUNAKAN METODE INI ?

 

Value investing adalah pendekatan dalam berinvestasi di pasar saham atau pasar keuangan lainnya yang berfokus pada mencari saham atau aset yang dianggap dihargai di bawah nilai intrinsik atau nilai wajar sebenarnya.

Pendekatan ini pertama kali diperkenalkan oleh Benjamin Graham, seorang ekonom dan investor terkenal, dan juga diajarkan kepada Warren Buffett, salah satu investor terkaya dan sukses di dunia.

Prinsip dasar value investing adalah mencari saham atau aset yang dihargai lebih rendah daripada nilai sebenarnya yang diyakini oleh investor. Hal ini bisa terjadi ketika saham tersebut kurang populer di pasar, atau karena kondisi ekonomi atau masalah perusahaan yang sementara. Para value investor percaya bahwa pasar saham sering kali bereaksi berlebihan terhadap peristiwa atau berita tertentu dan menciptakan kesempatan bagi investor yang memiliki pemahaman lebih mendalam tentang nilai intrinsik suatu saham.

Karakteristik utama dari value investing termasuk:

  1. Mencari Saham dengan Valuasi Murah Value investor mencari saham yang memiliki rasio harga-ke-laba (P/E ratio) atau rasio harga-ke-buku (P/B ratio) yang rendah dibandingkan dengan rata-rata industri atau sektornya

  2. Analisis Fundamental yang Mendalam Value investor melakukan analisis fundamental yang teliti terhadap perusahaan, termasuk tinjauan atas kinerja keuangan, arus kas, manajemen, dan perspektif jangka panjang perusahaan.

  3.  Pendekatan Jangka Panjang Value investing berfokus pada investasi jangka panjang, di mana investor memegang saham untuk jangka waktu yang cukup lama, sehingga nilai intrinsik perusahaan memiliki kesempatan untuk tercermin dalam harga saham

  4. Diversifikasi Meskipun mencari saham yang dihargai murah, para value investor juga memahami pentingnya diversifikasi portofolio. Mereka tidak hanya mengandalkan beberapa saham, tetapi membangun portofolio yang terdiversifikasi untuk mengurangi risiko.

Value investing menekankan pentingnya kesabaran, disiplin, dan pengetahuan yang mendalam tentang perusahaan dan pasar saham. Meskipun potensinya untuk menghasilkan keuntungan besar dalam jangka panjang cukup menarik, investasi saham tetap melibatkan risiko dan hasil masa lalu tidak menjamin hasil di masa depan. 

Sebagai investor individual, lakukan riset secara mandiri sebelum melakukan keputusan berinvestasi

0 komentar:

Posting Komentar

Kasur Mobil

ORANG BIASA JUGA BISA SUKSES

Judul ini saya buat terinspirasi dari sebuah buku karya bapak Teguh Hidayat seorang investor nilai dipasar modal, yaitu "In...