Latest courses

3-tag:Courses-65px

Senin, 24 Juli 2023

UPDATE SAHAM PBID PERUSAHAAN PRODUSEN PLASTIK KEMASAN


PT. Panca Budi Idaman tbk. Atau Panca Budi (PBID) adalah perusahaan yang memproduksi barang-barang seperti plastik kemasan, resin, karung tugas berat, karet gelang, sedotan plastik dan kertas pembungkus makanan serta resin daur ulang yang mereka distribusikan langsung ke UMKM. Keunggulan dari perusahaan selain kualitas produk adalah mereka mendistribusikan langsung ke pengecer, sehingga anda yang memiliki modal kecil pun bisa melakukan pembelian langsung kepada perusahaan.

Perusahaan adalah anak perusahaan dari PT. ALPEN INTERNASIONAL yang menggenggam saham PBID sebesar 74% tercatat memiliki Return on Equity rata-rata 15% dimana Equitas 1,8 Trilyun di 2017 tumbuh menjadi 3,15 Trilyun pada tahun 2022. Walaupun bukan perusahaan dengan pertumbuhan yang fast ghrowing yang diatas 30% tetapi perusahaan konsisten membagikan deviden sebesar 6% dengan Deviden payout Ratio sebesar 50%, sehingga memiliki laba ditahan sebesar 50%.

Return on Asset sebesar 12%  menunjukkan bahwa perusahaan memiliki kinerja yang bagus dengan hutang terjaga selalu dibawah Equitas.

Kinerja saham tercatat naik 15% setiap tahun selama 2017-2022 (IPO 850 rupiah , harga saat ini 1600) ditambah deviden 6% maka keuntungan total investor PBID adalah 21% per tahun dimana keuntungan ini lebih besar dari kenaikan IHSG maupun Obligasi pemerintah.

Perlu dicatat bahwa Warren Buffett investor tersukses didunia memiliki return rata-rata 20%, walaupun sebagai investor kita tetap harus mencermati kinerja perusahaan, jika tetap on track kita bisa tetap menyimpan nya, tetapi jika kinerja berubah kita bisa segera menjual.

Seorang investor cerdas tidak harus melihat fluktuasi pasar setiap waktu , tetapi fluktuasi pasar justru menguntungkan bagi investor karena dengan adanya gejolak dipasar seorang investor bisa memetik keuntungan dari naik turunnya harga saham. Selama perusahaan tetap tumbuh dan menghasilkan laba maka fluktuasi pasar justru banyak menawarkan oportuniti.

0 komentar:

Posting Komentar

Kasur Mobil

ORANG BIASA JUGA BISA SUKSES

Judul ini saya buat terinspirasi dari sebuah buku karya bapak Teguh Hidayat seorang investor nilai dipasar modal, yaitu "In...