Latest courses

3-tag:Courses-65px

Minggu, 30 Juli 2023

SIAPA LO KHENG HONG WARREN BUFFET INDONESIA


TEMPAT LAHIR DAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN 

Lo Kheng Hong lahir di Jakarta, Indonesia pada tahun 1959. Ia adalah anak sulung dari tiga bersaudara. Ayahnya berasal dari Pontianak, Kalimantan Barat, dan merantau ke Jakarta untuk mencari pekerjaan. Ibunya adalah ibu rumah tangga.

Jika Warren Buffet lahir di Omaha Nebraska dari keturunan orang kaya, 
Lo Kheng Hong tumbuh di keluarga yang sederhana. Rumahnya di Jakarta hanya berukuran 4 × 10 meter terbuat dari dinding papan dan atap seng tanpa plafon, ketika hujan turun maka ada air hujan yang masuk kaena atap seng yang bocor . Ia pun sering membantu orang tuanya berjualan di pasar.

Meskipun berasal dari keluarga yang sederhana, Lo Kheng Hong adalah anak yang rajin dan berprestasi di sekolah. Ia lulus dari SMA Negeri 3 Jakarta pada tahun 1977.

Setelah lulus SMA, Lo Kheng Hong tidak langsung melanjutkan ke perguruan tinggi. Ia memilih untuk bekerja sebagai pegawai administrasi di Overseas Express Bank (OEB).

MEMULAI BERINVESTASI SAHAM

Pada tahun 1989, Lo Kheng Hong mulai berinvestasi di pasar saham. 
Saham pertama lo kheng Hong adalah 
PT Gajah Surya Multi Finance Tbk. Lo Kheng Hong membeli saat emiten melakukan penawaran umum perdana (IPO) pada tahun 1989.

Namun, karena harga saham turun, Lo Kheng Hong terpaksa menjual sahamnya dengan harga lebih rendah dari saat mereka membeli. Itu alasannya dia kalah dan " kapok "  membeli saham IPO

MENGENAL VALUE INVESTING

Warren Buffett Indonesia ini tidak menyerah begitu saja. Ia dengan cermat mempelajari dan membaca arah modal pasar, termasuk saham-saham emiten yang menjanjikan.

Ia menerapkan pendekatan value investing yang ia pelajari dari buku Benjamin Graham The inteligent Investor dan beberapa buku tentang Warren Buffett yaitu strategi investasi yang mencari saham yang undervalued.

MERAIH UNTUNG BESAR 

Tahun 1998, membeli saham UNTR seharga Rp 250 per lembar sebesar 1,5 Miliar rupiah disimpan atau dibiarkan ‘tidur’ selama 6 tahun. Lalu menjualnya di harga Rp 15 ribu per lembar. Uangnya berubah menjadi 88,5 Miliar atau Cuan 5.900%. 

Lo Kheng Hong telah berinvestasi di pasar saham selama lebih dari 30 tahun dan telah menghasilkan keuntungan yang sangat besar. Ia dikenal sebagai salah satu investor saham tersukses di Indonesia.

AKTIVITAS 

Lo Kheng Hong adalah seorang investor yang aktif dalam memberikan edukasi tentang investasi kepada masyarakat Indonesia. Ia sering memberikan seminar dan menulis artikel tentang investasi. Ia juga memiliki akun Twitter yang diikuti oleh lebih dari 100.000 orang.

Berikut adalah beberapa prinsip investasi yang dianut oleh Lo Kheng Hong:

"Belilah saham Mercy harga bajaj",
"Cari saham yang memiliki fundamental yang kuat",
"Pilihlah saham yang dikelola oleh manajemen yang baik".
"Sabar adalah teman baik bgi seorang investor ", dan masih banyak kutipan lainnya yang menginspirasi banyak investor pemula maupun yang sudah profesional.

Lo Kheng Hong adalah seorang investor yang sukses dan inspiratif. Ia telah membuktikan bahwa dengan strategi investasi yang tepat, siapa pun bisa menjadi investor yang sukses.


0 komentar:

Posting Komentar

Kasur Mobil

ORANG BIASA JUGA BISA SUKSES

Judul ini saya buat terinspirasi dari sebuah buku karya bapak Teguh Hidayat seorang investor nilai dipasar modal, yaitu "In...