Latest courses

3-tag:Courses-65px

Selasa, 08 Agustus 2023

CARA AMPUH MENGALAHKAN BANDAR SAHAM



Didalam pasar saham, ada orang yang menggunakan strategi membeli atau menjual saham mengikuti big money yang dikenal dengan analisa BANDARMOLOGI, atau istilah lain disebut follow the giant . Strategi ini berfokus pada pergerakan bandar itu sendiri seperti melihat aksi jual beli Hedge Fund asing, Volume transaksi bid dan offer serta akumulasi atau distribusi.

Seperti halnya analisa teknikal, BANDARMOLOGI adalah cara " Ninja " untuk mendapatkan cuan dari kenaikan harga secara cepat. Baik harian ( day trading )atau mingguan ( swing trading )

Tetapi bagi saya , mengikuti BIG MONEY seperti Hedge Fund institusi maupun individu adalah hal aneh karena selain perbedaan jumlah dana kelola, saya juga tidak memiliki ilmu yang memadai , baik analisa teknikal maupun bandarmologi.

Saya tipe orang yang terlalu malas dan tidak mau pusing atau ribet dengan segala rumus dan strategi pasar, seperti  support resisten, menganalisa chart atau candle stick adalah pekerjaan rumit bagi saya, suatu ketika saya pernah bertanya kepada teman saya yang kebetulan seorang trader,

"Kenapa ketika harga mentok garis support maka harga diperkirakan akan naik atau bila melewati garis resisten maka harga diperkirakan akan naik lebih tinggi lagi?",
dan teman saya hanya menjawab  
"Itu adalah garis harapan bro",

Saya tidak bermaksud menilai buruk analisa teknikal tetapi bagi saya strategi ini kurang cocok dengan diri saya. Untuk mendapatkan keuntungan cepat saya lebih menyukai berdagang di sektor riil daripada berdagang saham.


Tujuan saya membeli saham adalah untuk berinvestasi tetapi saya juga tidak memiliki uang dengan jumlah besar untuk diinvestasikan, saya harus bekerja terlebih dahulu untuk mendapatkannya , kemudian saya sisihkan uang jajan atau uang rokok sedikit demi sedikit  . Jadi sebelum mengambil keputusan untuk membeli atau menjual saham, saya harus memastikan dulu kualitas saham yang akan saya beli, menghitung margin of safety, apakah saham tersebut masih murah atau terlalu mahal, berapa aktiva bersihnya, berapa laba pertahunnya, dan jangan sampai saya malah kehilangan uang .

Jika Manajer investasi harus melaporkan setiap quartal keuangan mereka kepada para investor mereka, menyimpan saham antara satu atau dua bulan saja, atau melakukan pergantian atau switching saham mana yang sedang tren naik atau ketika mereka memperoleh keuntungan sekian persen harus segera menjual saham nya (seperti swing trading), maka hal itu tidak perlu saya lakukan.


Manajer investasi juga tidak bisa membeli saham perusahaan yang kapitalisasinya kecil alias kurang liquid walaupun dia tau saham tersebut memiliki kualitas bagus dan sedang ghrowht karena manajer investasi terikat aturan bursa . Tapi saya seorang individual dengan dana receh sangat mudah untuk mendapatkannya, 

Sebagai investor dengan dana sangat kecil, akumulasi saya terhadap suatu saham tidak akan berpengaruh pada pergerakan harga saham, maka saya hanya perlu memperhatikan apakah perusahaan yg saya pegang sahamnya berjalan sesuai dgn kaidah investasi yang saya terapkan atau tidak.

Saya tidak akan mengikuti kondisi pasar naik atau turun secara harian, saya tetap akan  menahan selamanya atau melakukan pembelian kembali selama perusahaan masih tumbuh dan masih terdiskon atau memiliki harga yang rasional, saya hanya akan menjual ketika ada perubahan fundamental atau perubahan cerita dari perusahaan atau kondisi ekonomi secara umum.

Alih-alih sibuk mempelajari cara menang tanding melawan " Bandar " dengan rumus yang lagi-lagi bagi saya sangat rumit, saya lebih suka meningkatkan sumber active income yang ada atau menambah sumber active income disektor riil, agar saya bisa mengisi saldo RDN . 


Pagi hari  setelah sholat subuh saya biasa menyeduh secangkir kopi tanpa gula, makan cemilan atau jajanan pasar seperti getuk, onde-onde, martabak mini, tahu susu kemudian lanjut menyalakan dupa  sambil duduk membaca buku .

Memainkan YouTube untuk memutar video suara burung, atau lagu keroncongan , kadang pula memutar ayat suci Alquran untuk meningkatkan booster mood . aktivitas itu rutin saya lakukan setiap hari sampai jam 07.00 pagi.


Saat ada waktu senggang saya menyalurkan hobi saya menulis di blog pribadi saya yang masih pake blogspot agar bisa menyalurkan hobi secara gratis, atau baru-baru ini saya mulai menulis di stockbit, IG, atau kolom detik.com. Sore hari saya mengajak anak istri makan lesehan sambil memancing di dekat rumah, kebetulan anak-anak saya semua pun hobi memancing. 

Jadi saya tidak ambil pusing dengan kondisi pasar, saya  menikmati dan menyukai aktivitas investasi saya seperti ini, bagi saya inilah Cara Ampuh  Melawan Bandar Saham bagi seorang investor ritel.

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca tulisan saya. Semoga sharing saya bermanfaat. Wassalamu'alaikum 

0 komentar:

Posting Komentar

Kasur Mobil

ORANG BIASA JUGA BISA SUKSES

Judul ini saya buat terinspirasi dari sebuah buku karya bapak Teguh Hidayat seorang investor nilai dipasar modal, yaitu "In...