Latest courses

3-tag:Courses-65px

Kamis, 03 Agustus 2023

DEVIDEN INVESTING PILIH SAHAM DMAS ATAU REIT?

Bagi investor konservatif dan moderat, pemilihan saham yang rutin membagikan deviden  adalah salah satu pilihan, dan biasanya mereka membeli saham dengan deviden yield diatas  5%. Dividend yield adalah tingkat pengembalian dalam bentuk dividen tunai kepada pemegang saham
 Para investor konservatif dan moderat umumnya adalah mereka yang sibuk dengan pekerjaan sehingga tidak memiliki banyak waktu untuk menganalisa saham atau mereka yang sudah memasuki masa pensiun dan membutuhkan income rutin. Diantara saham yang rutin membagikan deviden yield diatas 5% adalah DMAS.

DMAS adalah saham dari PT Puradelta Lestari Tbk, yang merupakan perusahaan pengembang  properti didaerah Cikarang kabupaten Bekasi Jawa Barat. Perusahaan ini memiliki beberapa proyek properti, termasuk kawasan industri, perumahan, dan komersial. Saham DMAS dianggap deviden investing karena 100% dari laba perusahaan dibagikan kembali kepada investor, dan secara historis DMAS adalah perusahaan yang rutin membagikan deviden dengan deviden payout ratio 100% sehingga saham DMAS adalah salah satu investasi pilihan bagi para Investor yang mengandalkan deviden sebagai income nya.

Resiko Investasi Saham 

1. Resiko penurunan harga atau Capital loss, alias penurunan harga saham
2. Resiko Penutupan Perusahaan akibat force major atau kebangkrutan
3. Resiko Liquiditas 
4. resiko delisting atau dihapusnya perusahaan dari bursa efek karena melakukan pelanggaran berat
5. Resiko Suspensi, biasanya karena terjadi sebuah transaksi tidak wajar atau perusahaan melakukan pelanggaran ringan
6. Resiko Pasar, pasar saham bergerak naik turun mengikuti mood para investor, ketika terjadi berita buruk biasanya harga saham mengalami penurunan tajam walaupun kondisi perusahaan baik-baik saja



REIT (Real Estate Investment Trust) 

Di Indonesia dikenal dengan sebutan DIRE ( Dana Investasi Real Estate )
adalah investasi yang dapat memberikan pendapatan yang stabil dan pertumbuhan yang potensial. REIT adalah perusahaan yang memiliki dan mengelola properti real estat. Mereka wajib membagikan setidaknya 90% dari pendapatan mereka sebagai dividen kepada pemegang saham. Hal ini membuat REIT menjadi pilihan yang baik bagi investor yang mencari pendapatan tetap seperti para Investor yang sudah mulai pensiun, dimana sudah tidak memiliki active income

REIT juga dapat memberikan pertumbuhan yang potensial. Nilai properti real estat cenderung meningkat seiring waktu, sehingga REIT dapat memberikan keuntungan capital gain bagi investor. Selain itu, REIT juga dapat memberikan keuntungan dari pertumbuhan pendapatan sewa.

RESIKO INVESTASI REIT

Semua instrumen investasi memiliki resiko, demikian juga REIT memiliki beberapa risiko

1. Resiko pasar
Resiko yang timbul karena harga saham bergerak turun karena penurunan pasar saham secara keseluruhan.

2. Resiko kredit
Resiko yang timbul akibat penyewa properti REIT tidak dapat membayar sewa mereka.

3. Resiko operasional 
Resiko yang timbul karena REIT dapat mengalami kerugian karena masalah operasional, seperti kerusakan properti atau kebakaran.

Secara keseluruhan, investasi REIT dapat menjadi pilihan yang baik bagi investor yang mencari pendapatan yang stabil dan pertumbuhan yang potensial. Namun, penting untuk memahami risiko yang terkait dengan investasi REIT sebelum berinvestasi.

Berikut adalah beberapa tips untuk berinvestasi di Saham Deviden maupun REIT

1. Diversifikasikan portofolio Anda 
Tidak menaruh semua telur di satu keranjang adalah saran umum untuk menghindari kesalahan dan mengurangi kerugian bagi investor. Diversifikasi sangat dianjurkan bagi investor pemula.

2. Beli saham saat harganya tidak melebihi dari aktiva bersihnya, pastikan anda tidak membayar terlalu mahal.
Belilah REIT yang memiliki track record kinerja yang baik.
Belilah REIT yang memiliki valuasi yang wajar.

3. Belilah saham yang dikelola oleh manajemen yang jujur ( Good GCG)
Belilah REIT yang dikelola oleh manajer investasi yang berpengalaman.

4. Belilah Saham maupun REIT untuk jangka panjang. Karena pasar berfluktuasi dalam jangka pendek, tetapi dalam jangka panjang berinvestasi tetap menguntungkan.

5. Gunakan uang dingin, berinvestasi adalah kegiatan yang tidak memiliki kepastian, jangan menggunakan uang untuk kebutuhan sehari-hari atau uang yang kamu tidak siap kehilangan.

Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Kasur Mobil

ORANG BIASA JUGA BISA SUKSES

Judul ini saya buat terinspirasi dari sebuah buku karya bapak Teguh Hidayat seorang investor nilai dipasar modal, yaitu "In...