Latest courses

3-tag:Courses-65px

Kamis, 10 Agustus 2023

USIA YANG TEPAT UNTUK BERINVESTASI



Banyak orang menunggu sampai mereka berusia tigapuluh tahunan atau lebih  untuk mulai menabung uang, jelas mereka sudah tidak akan bertambah muda, sebaliknya mereka akan memerlukan lebih banyak uang untuk keperluan hidup.

TAHUN-TAHUN EMAS
Membeli rumah, membeli kendaraan, membiayai anak-anaknya sekolah , membayar dokter atau membayar asuransi adalah keperluan hidup orang diusia tigapuluh tahun keatas , dan diusia itu mereka baru menyadari pentingnya berinvestasi, mereka telah kehilangan tahun-tahun emas mereka untuk berinvestasi ketika mereka masih muda dan belum banyak memiliki biaya untuk kebutuhan hidup.

GAYA HIDUP

Alih-alih berinvestasi, kebanyakan orang diusia tigapuluh lebih menghabiskan uang untuk berbelanja seperti tidak ada hari esok, atau kalau pun masih ada yang tersisa mereka tetap enggan berinvestasi, mereka lebih suka makan direstoran mahal atau membayar DP mobil idaman untuk memuaskan hasrat atau sekedar pamer dari sebuah gaya hidup kekinian dengan alasan self reward .

Bagi saya self reward adalah anda membayar diri anda terlebih dulu sebelum orang lain, artinya anda harus menyisihkan uang untuk tabungan dan investasi sebelum anda membayar cicilan atau membayar tagihan restoran, sehingga anda memiliki tabungan dan investasi yang cukup untuk membiayai hidup dimasa pensiun.

Sampai mereka menyadarinya, bahwa mereka sedang menuju masa tua tanpa perbekalan uang, kecuali kartu BPJS jaminan hari tua , dimana saat usia tua segala kebutuhan kesehatan meningkat, tentu sulit jika hanya mengandalkan jaminan sosial.

Usia yang tepat untuk berinvestasi adalah sedini mungkin , ketika anda tidak banyak membutuhkan biaya hidup, dimana pengeluaran anda masih rendah, atau anda masih menumpang dengan orang tua anda. Sehingga anda bisa lebih cepat mencapai kebebasan finansial dikemudian hari.


0 komentar:

Posting Komentar

Kasur Mobil

ORANG BIASA JUGA BISA SUKSES

Judul ini saya buat terinspirasi dari sebuah buku karya bapak Teguh Hidayat seorang investor nilai dipasar modal, yaitu "In...