Latest courses

3-tag:Courses-65px

Senin, 14 Agustus 2023

CARA TETAP TENANG DALAM FLUKTUASI HARGA PASAR



Pasar saham adalah tempat dimana para pelaku pasar baik investor maupun trader yang menjual atau membeli sebuah saham dimana prilaku mereka dipengaruhi oleh berbagai informasi, baik melalui media resmi perusahaan, media elektronik maupun grup-grup yang mereka ikuti sehingga prilaku para pelaku pasar tersebut membuat pergerakan harga saham harian cenderung fluktuatif. Harga pasar dianalogikan sebagai mr. market oleh Benjamin Graham, seorang investor nilai yang sangat terkenal melalui bukunya the Inteligent Investor

Apabila mood mr. market sedang baik, harga-harga saham bergerak naik , kita menyebutnya pasar bullish sedang berlangsung, atau jika sebaliknya mood mr. market sedang buruk harga-harga saham bergerak turun , kita menyebutnya pasar bearish sedang berlangsung. Bagi sebagian orang hal ini membuat psikologisnya terganggu, naik turunnya harga saham membuat dirinya terombang-ambing dalam kecemasan sehingga sering mengambil keputusan dengan emosi. Alih-alih berinvestasi dengan tenang, dia malah membuat dirinya mengalami banyak kerugian.

Perasaan cemas, bimbang, atau panik dengan berbagai berita buruk membuat gamang antara terus menyimpan sahamnya yang sudah dianalisa dengan baik atau membuangnya begitu saja karena tanpa alasan yang jelas harga sahamnya terus mengalami penurunan atau jika tidak turun  pun hatinya merasa kesal dan bosan karena harga sahamnya bergerak disitu-situ saja alias sideway panjang. Perasaan semacam ini sebenarnya umum terjadi pada investor pemula tetapi bagi anda yang sudah berada di investasi saham dengan pengalaman lima tahun lebih seharusnya sudah bisa melewati fase semacam ini.


Berikut adalah beberapa tips tentang cara tetap tenang dalam fluktuasi harga pasar:

Kenali risiko investasi Anda

Sebelum Anda berinvestasi, penting untuk memahami risiko yang terkait dengan jenis investasinya. Dengan memahami risiko, Anda dapat membuat keputusan investasi yang lebih bijaksana dan menghindari membuat keputusan yang didasarkan pada emosi.

Kenali Perusahaan yang anda beli sahamnya, siapa orang-0rang yang menjadi pengelola atau pengendali perusahaan, apakah orang tersebut tidak suka memainkan laporan keuangan, tidak suka menggoreng saham, tidak bermasalah dengan hukum atau sebaliknya.

Pastikan saham yang anda beli memiliki pertumbuhan, pastikan membeli sahamnya saat terdiskon dan tidak membelinya diharga yang terlalu mahal.

Diversifikasi portofolio Anda

Salah satu cara terbaik untuk mengurangi risiko investasi Anda adalah dengan mendiversifikasi portofolio Anda. Bagi kue investasi anda menjadi empat atau maksimal sepuluh saham, tidak membeli semua saham dalam satu sektor yang sama atau berinvestasi di berbagai jenis aset, seperti saham, obligasi, dan properti. Diversifikasi akan membantu Anda melindungi investasi Anda dari kerugian yang disebabkan oleh fluktuasi harga pasar di satu jenis aset.

Bersabarlah 

Jangan sering memantau harga saham harian. Pasar saham bersifat fluktuatif dan harga saham akan naik dan turun dalam jangka pendek. Namun, dalam jangka panjang, pasar saham cenderung naik. Jika Anda bersabar dan tidak panik saat harga saham turun, Anda kemungkinan besar akan mendapatkan keuntungan dari investasi Anda dalam jangka panjang. Ingat !!! Tidak ada orang kaya mendadak, saham bukan tempat yang tepat untuk mencari kekayaan dengan cepat. Kekayaan diraih melalui berbagai rintangan dan waktu  yang panjang, disertai akumulasi dari investasi yang terus anda gulung sebelum mencapai tujuan anda harus bisa menikmati prosesnya yaitu dengan bersabar.

Anda bisa melakukan aktivitas yang produktif daripada melihat harga saham harian, meningkat kan penghasilan, bermain bersama keluarga, melakukan hobi anda seperti menulis blog, membaca buku atau mengunjungi tempat-tempat favorit anda.

Bersabarlah...Nasehat ini terdengar mudah namun sulit dijalankan, tetapi sayangnya saya tidak menemukan rumus kekayaan bagi orang yang tidak mau bersabar .


Pakai Uang Dingin

Jangan berinvestasi dengan uang yang Anda tidak mampu kehilangan. Penting untuk hanya berinvestasi dengan uang yang bukan untuk kebutuhan sehari-hari. Jika Anda kehilangan uang dari investasi Anda, maka anda tetap bisa makan dan bisa tidur dengan nyenyak.

Semoga bermanfaat.
salam


0 komentar:

Posting Komentar

Kasur Mobil

ORANG BIASA JUGA BISA SUKSES

Judul ini saya buat terinspirasi dari sebuah buku karya bapak Teguh Hidayat seorang investor nilai dipasar modal, yaitu "In...